Pages

Sekolah yang terkenal dijepang

SMA Horikosihi Gakuen, Hanya Untuk Si Pintar dan Si Kaya

Oleh : Cecilia

SMA Horikosihi Gakuen dari depan
​Kirim anak ke sekolah terbaik dan termahal, bila Anda memang punya banyak uang dan sang buah hati berotak jenius! Sekolah Menengah Atas menjadi tempat mengenyam pendidikan yang patut diperhitungkan sebelum memasuki dunia kuliah. Masa-masa transisi dari anak-anak menuju kedewasaan diuji di sini. Anak pun mulai setidaknya memikirkan rencana jangka panjang menghadapi masa depannya.

Salah satu sekolah terbaik di dunia adalah Horikosihi Gakuen. Sekolah ini telah berdiri sejak 83 tahun lalu. Sekolah Menengah Atas (SMA) yang terletak di Jepang ini sangat eksklusif. Bila Anda tipe orangtua yang menginginkan anak hanya fokus terhadap pelajaran tanpa 'terganggu' oleh pacaran dan pergaulan yang tidak penting lainnya, maka Horikoshi Gakuen akan menjadi jawaban tepat.

Horikosihi Gakuen mempunyai banyak artis dan atlit terkenal, seperti Matsumoto Jun, Yamada Ryosuke, Suzuki Anne, Yuri Chinen, dan masih banyak lagi. Sekolah harus menerapkan metode pengajaran yang khusus bagi siswa (artis) yang kesulitan mengikuti jadwal sekolah. Diharapkan siswa tersebut tidak meninggalkan sekolah dan di saat bersamaan, karir mereka bisa berjalan. Oleh sebab itu, sekolah ini sangat terkenal di kalangan artis Jepang. Tujuan pengajarannya adalah menjadikan siswa-siswanya mempunyai peran penting di masyarakat. Hal terpenting adalah mereka bisa 'bertahan'. Sekolah ini bisa di bilang standar internasional.

Tidak mudah untuk memasuki sekolah ini. Syaratnya mutlak, Anda harus benar-benar bermodal dalam hal otak dan uang. Meski kaya, Anda tidak akan bisa memasukkan anak ke sini, bila dirinya tidak cerdas, karena Horikoshi Gakuen memiliki standar tinggi dan ketat terhadap nilai. Bagi Anda yang tidak cukup berduit, namun memiliki anak yang pintar, beasiswa di sana bisa menjadi pilihannya. Pertanyaannya tetap, is your kid smart enough?

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, mewah, dan eksklusif. Bahkan mereka memilih Eropa sebagai tujuan study tour. Mungkin itu sebabnya sekolah ini sangat mahal. Selain itu para artis dan atlit banyak yang bersekolah di tempat tersebut. Tentu saja, biaya yang mahal diperuntukkan bagi para artis dan atlit yang membutuhkan fleksibilitas waktu. Sekolah menerapkan metode pengajaran yang khusus bagi siswa (artis dan atlit) yang kesulitan mengikuti jadwal sekolah.

Para public figure tersebut akan dikumpulkan dalam satu kelas 1-D. Bagi murid yang bukan termasuk kalangan artis ataupun atlit, ia tidak akan bisa bertemu dan berinteraksi dengan mereka. Siswa hanya bisa bersosialisasi dengan mereka yang ditempatkan di bagian yang sama (sesama siswa beasiswa, sesama siswa selebritis, dan masih banyak lagi).

SMA Horikosihi Gakuen, Aturan Ketat!


Dilarang bicara dengan artis seperti Yuri Chinen di sini
​Meski fleksibel, bukan berarti sekolah ini sangat bebas dan tidak mempunyai aturan. Jangan salah. Aturan di Horikoshi Gakuen justru sangat ketat. Meski Jepang sangat maju dalam hal teknologi, penggunaan telepon genggam (handphone) tidak diperkenankan di sini. Handphone hanya boleh digunakan pada waktu-waktu tertentu saja.

Sekolah tidak memperbolehkan siswanya untuk berpacaran. Bila pihak sekolah mengetahui anak Anda memiliki hubungan khusus dengan teman sekolahnya, dia akan diminta putus. Enak, kan? Anda tidak perlu repot mengawasi pergaulannnya lagi. Selain itu mereka tidak boleh berbicara dengan teman lain jenis di dalam sekolah, tanpa alasan yang kuat. Guru akan memperingatkan bila hal ini terjadi.

Perlindungan, eksklusifitas, dan privacy menjadi 'hal' mahal yang harus dibayar para siswa selain fasilitas-fasilitas modern lain sebagai penunjang akademis. Untuk itu, sekolah menyediakan CCTV. Banyak idola, artis, orang terkenal, dan anak orang kaya di sekolah ini. Tentu sekolah tidak mau kehilangan reputasi, bila terjadi sesuatu pada anak didiknya.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, untuk menyesuaikan jadwal murid dan untuk melindungi privacy-nya, imbalannya sangat besar. Itulah sebabnya biaya sekolah untuk siswa kelas Trait (artis) sangatlah mahal.

Masalah kesehatan juga sangat diperhatikan pihak sekolah. Siswa tidak boleh membeli snack (makanan kecil) di dalam sekolah dan pada perjalanan pulang. Snack tidak boleh dimakan di sana. Bila tertangkap melanggar, akan dikenakan denda atau ditahan. Bila tidak boleh dimakan, apa mungkin boleh dijual?

Aturan yang satu ini hanya khusus diberlakukan di kelas Trait. Siswa boleh mewarnai rambutnya, namun sebelumnya mereka harus mengisi formulir terlebih dahulu. Dalam formulir harus jelas diterangkan, dari dan sampai kapan rambut akan berwarna (selain hitam). Setelah tenggat waktu yang ditentukan sendiri oleh sang siswa, ia harus kembali membuat rambutnya berwarna hitam.

Para artis tersebut akan diawasi guru yang bertugas sebagai pengawal (bodyguard). Meski demikian, mereka diperbolehkan membawa pengawal sendiri. Siswa kelas reguler (kelas untuk murid-murid yang menuju universitas) sekalipun tidak akan pernah bisa berbicara dengan siswa atlit dan artis, baik saat istirahat ataupun di luar sekolah. Pelanggaran aturan ini akan dikenakan denda, ditahan, bahkan dikeluarkan.

Setiap pagi, artis dan idola-idola tersebut akan tiba ke sekolah menggunakan mobil, sementara para pengawal mereka masing-masing sudah siap menunggu di luar kelas. Pengawal akan menemani mereka setiap saat, termasuk pada jam istirahat. Sang pengawal hanya mengizinkan 'majikan-nya' berbicara dengan teman sekelas atau orang yang bekerja dengan sang artis. Untuk melihat pembagian kelas

0 komentar:

Posting Komentar